Sabtu, 03 Januari 2009

Film Kolosal Indonesia Kemana Yah ???

Yohaa teman-teman..
salam sejahtera untuk kita semua’ hehee..

Ok’ langsung aja..
Lo semua pasti punya khan yang namanya film favorit? Ga usah favorit, kesukaan aj deh’
Kalo ga punya juga! Ya ampunn.. lo sama sekali bener-bener ga pernah liat tipi?!

Secuil stimulus mampir diotak gue ni. Gara-garanya beberapa minggu yang lalu gue baru aja beli DVD "The Promises" sama "Mongol". Gue bukan mau bahas tu film-film.. Setelah gue nonton tuh film gue sedikit mikir tentang perkembangan film-film Indonesia yang berlatar kerajaan, sedikit pun tak terdengar beredar di bioskop saat ini.

Beberapa minggu yang lalu karna ga da lagi kerjaan pas selesai program KKNM gue sama Ulin mampir ke tempat jual DVD. Kalo diajak ke tempat beginian, hmm.. so pasti gue nyari film-film yang berlatar kerajaan.. kalo Ulin waktu itu nyari film action, drama, sama komedi. . Tapi berkat kemampuan gue meracuni orang lain, maka Ulin pun memilih satu film berlatar kerajaan buat ditontonnya, hehee… kata dia si dia beli filmnya karena pemerannya ganteng dan cantik, bagus katanya serasi.. tapi bagaimanapun juga gue bisa dibilang ikut andil donk atas pilihannya yang ini.. hehehee…

Ok’ kayanya kata berlatar kerajaan kita ganti aja pake kata kolosal yah, biar hemat nulisnya..

Nih gue kasih alasan kenapa gue suka bener nonton film kolosal khususnya film kolosal made in China dan serumpunnya.. Pertama, so pasti! Faktor kemegahan yang selalu ditampilkannya. Sampai detik ini gue belum pernah nonton dah ada film kolosal yang disajikan dengan ala-kadarnya. Mungkin ini salah satu daya jualnya kali yah’. Kalo dipikir masuk akal juga si kenapa film kolosal harus megah, karna raja-raja jaman dulu khan hobi sama keindahan.. terus istana yang dimiliki oleh seorang raja juga akan mempengaruhi penilaian kerajaan lain atas kemakmuran yang dimiliki kerajaannya.. semakin makmur, istana rajanya semakin megah berarti..

Kedua, dalam setiap film kolosal pasti ada makna filosofisnya. Film kolosal ga pernah dibuat dengan asal-asalan.. terus pasti ada misinya, nih’ dia ni yang gue suka banget, ngajak mikir dah nontonnya..

Ketiga, setiap sutradara yang bikin film kolosal pasti orang hebat! Gimana ga hebat ni orang satu ngatur akting ratusan, bahkan ribuan orang. Emang sih pemeran utamanya mah hanya beberapa orang tapi tuh figuran masa ga diurusin? Ntar scene-nya jadi jelek donk kalo figurannya ga maksimal.. yang paling repot sih kalo kata gue pas tuh sutradara ngatur scene-scene perang.. beuh! Hebat ga tuh sutradara selain ngrusin pemeran protagonis dan antagonis-nya yang lagi adu kekuatan. Dia juga ngurusin figuran yang berantem disekitar tuh pemeran utama, apalagi kalo disela-sela tuh figuran tiba-tiba musti masuk ke pertarungan si prota sama si anta. Padahal tuh figuran cuma masuk buat dicuil aja sama pedang ato senjata apapun yang dipegang sama si pemeran utama, trus mati karena terbunuh.. tapi kalo taiming masuknya ga pas, ga bagus jadinya..

Keempat, pasti modalnya gede! Hahahaa…
Yoi kayanya modal bikin film kolosal apalagi kolosal China pasti gede banget yah.. kita liat aja dari banyaknya figuran yang digunakan. Lo bayangin aja musti bayar figuran ratusan ato ribuan orang, figuran bayarannya kecil sii tapi kalo banyak mah gede juga mas.. Belom lagi bayaran bintang utamanya beuhh.. Terus setting tempatnya yang musti tampak indah tapi seolah itu asli buatan alam, musti nyari lokasi sana-sini kalo perlu di negara tetangga yang geografisnya ga jauh beda.. Apalagi pas istananya, beuhh.. bisa lebih murah sii kalo ngegunain istana yang udah ada tapi itu juga kalo diijinin sama pihak kerajaan yang masih hidup.. ada lagi info yang pernah gue baca ada satu film kolosal yang bajunya mulai dari Raja sampai ajudannya pake emas. Alamaa..gimana ga gede!

Masih ada lagi sii sebenernya yang bikin gue seneng sama film kolosal tapi nantilah kita sambung lagi.. sekarang gue pengen liat perkembangan film kolosal di negri tercinta kita ini, Indonesia..

Dulu waktu gue masih bocah-bocah perasaan tiap minggu ada deh film kolosal.. oke gue ralat bukan film tapi sinetron.. eh’ kalo sinetron ga juga sih? Ohh.. Film televisi, FTV.. tapi sekarang pada kemana yah?

Dulu gue sedikit kebantu tuh sama acara tv yang satu itu, karna tuh acara gue jadi tau dah raja Sriwijaya dan Majapahit itu siapa. Terus sama Gajah Mada juga.. beuhh..cihuy dah’

Yang bikin gue miris tuh sekarang kaga ada satu judul film yang berlatar kerajaan Indonesia. Wadueh.. yang gue takut adik-adik dibawah gue ni ga tau bahwa bangsa kita dulu pernah mengusai belahan dunia.. Berjaya selama beratus-ratus tahun.. Gue rasa dari film berlatar history apa lagi tentang kejayaan kerajaan-kerajaan bangsa kita, akan menimbulkan semangat untuk mengembalikan masa kejayaan itu kembali.. terutama untuk adik-adik gue nih, mungkin mereka bisa terinspirasi untuk menjayakan kembali nama Indonesia di belahan dunia.

Jangan dicekokin film cinta mulu donk pak!
Yang disesalkan bukan masalah cintanya pak! Cinta dan kasih sayang itu mah memang kebutuhan kita sebagai makhluk hidup.. tapi mbo yaa jangan dicekokin cinta-nya to’ mulu, kalo dikehidupan nyata khan ngejar cinta butuh pengorbanan, butuh ilmu, dan butuh modal juga.. Jadi jangan diberi angan-angan mulu pak! Mending uang buat bikin film cintanya ditabung pak buat bikin film kolosal Indonesia yang cihuy’ pak!

kalo dari ide cerita banyaklah..
Kerajaan-kerajaan Indonesia khan jagoan tuh dahulu kala, namanya tersohor dahh.. Sampe-sampe raja dari Mongolia, Kubilai Khan aje sampe punya ide pengen ngajak join sama Indonesia..tapi karna ngajak join-nya ga sopan, jd aj suruhannya Kubilai Khan diusir, disuruh pulang lagi dah k Mongolia..
Mungkin pak produser bisa join juga nih sama yang ngebuat film Mongol, tapi yang sopan..hehehee…

Hayolahh.. pak produser, bikin film kolosal Indonesia, tapi yang cihuy.. jangan asal-asalan…
Sebelum bikinnya musti uji sana-uji sini (Survey).. kalo mu bikin yang Non-Fiksi di Indonesia banyak ahli sejarah pak! Bahkan keturunan Raja-nya aja juga masih pada hidup pak, jadi ga usah khawatir soal data.. kalo mu bikin yang Fiksi juga bole.. mungkin cerita kerajaan Sriwijaya mau digabungin sama Majapahit? Hahaa..

Film kolosal China aja bisa mendunia, Indonesia juga bisa..

O iya sekedar info juga, model kemben Indonesia pernah dipake di Film kolosal China lho..

Thank’s for attention guys..

Tidak ada komentar: